Minggu, 03 April 2011

perilaku konsumen bab 6 : pengetahuan konsumen

CHAPTER 6. consumer knowledge
Summarized by Amanda (majoring in Family and Consumer Science, College at Human Ecology – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)


Pengetahuan produk
Ahli psikologi kognitif
-          Pengetahuan Deklaratif
-          Pengetahuan Prosedur
Mowen dan Minor
-          Pengetahuan Obyektif
-          Pengetahuan Subyektif
-          Pengetahuan Informasi lain
Engel, Blackwell dan Miniard
-          Pengetahuan Produk
-          Pengetahuan Pembelian
-          Pengetahuan Pemakaian


Jenis pengetahuan produk
Peter dan Olson (1999)
-          Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk (warna, model, tahun, dll)
Atribut fisik : ciri-ciri produk
Atribut abstrak : karakteristik produk berdasarkan persepsi konsumen
-          Pengetahuan tentang manfaat produk
-          Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen


Tingkat pengetahuan produk
Peter dan Olson (1999) :
-          Kelas produk : telepon
-          Bentuk produk : kabel, selular
-          Merek produk : Nokia, Siemens
-          Model / fitur : 8310, 7650, c35


Manfaat produk
1.       Manfaat fungsional : manfaat yang dirasakan konsumen secara fisiologis
2.       Manfaat psikososial : aspek psikologis dan sosial yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk
3.       Manfaat positif dan negatif

Persepsi resiko
Peter dan Olson (1995)
Konsekuensi yang tidak diinginkan dan ingin dihindari konsumen
Hal penting : ketidak pastian, konsekuensi, manfaat atau outcome yang dirasakan setelah membeli atau mengkonsumsi produk
Kategori :
·         Risiko fungsi : produk tidak berfungsi sebagaimana mestinya
·         Risiko keuangan : kesulitan keuangan yang dihadapi konsumen
·         Risiko fisik : dampak negatif yang dirasakan konsumen
·         Risiko psikologis : perasaan, emosi, atau ego yang dirasakan konsumen
·         Risiko sosial : persepsi konsumen terhadap dirinya dari orang disekelilingnya
·         Risiko waktu : waktu yang sia-sia yang akan  dihabiskan konsumen
·         Risiko hilangnya kesempatan : hilangnya kesempatan untuk melakukan hal lain karena menggunakan, mengkonsumsi atau membeli


Pengetahuan pembelian
Engel, Blackwell dan Miniard (1995)
-          Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk dalam toko tersebut dan penempatan produk di dalam toko


Perilaku pembelian
Peter dan Olson (1999) : perilaku pembeli meliputi urutan kegiatan
-          Store Contact : tindakan mencari pergi dan memasuki outlet
-          Product Contact : mencari lokasi produk, mengambil produk dan membawa ke kasir
-          Transaction : konsumen akan membayar produk tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar