CHAPTER 4. Information processing and Consumer Perceptions
Summarized by Amanda (majoring in Family and Consumer Science, College at Human Ecology – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)
- Terjadi bila salah satu panca indera menerima input dalam bentuk stimulus.
Bentuk stimulus dapat berupa : produk, merk, kemasan iklan, produsen.
TAHAP PENGOLAHAN INFORMASI
PEMAPARAN (exposure) : sadar akan adanya stimulus
PERHATIAN (attention) : alokasi kapasitas pengolahan atas stimulus
PEMAHAMAN (comprehension) : interpretasi makna stimulus
PENERIMAAN (acceptance) : dampak persuasi stimulus
RETENSI (retension) : pengalihan makna stimulus & persuasi ke long-term memory
Tahap I Pemaparan
Sensasi : rasa stimulus yang datang pada suatu panca indera konsumen.
Ambang absolut : (The absolute thereshold) jumlah minimum intensitas atau energI stimulus yang diperlukan konsumen untuk merasakan sensasi.
Ambang berbeda : (the differential thereshold)
The just noticale difference thereshold (JND)
Tahap II Perhatian
Tidak semua paparan memperoleh perhatian & berlanjut pengolahan stimulus.
Keterbatasan sumberdaya kognitif untuk memudahkan semua informasi.
Faktor yang mempengaruhi perceptual selection
- Faktor pribadi : motivasi, kebutuhan konsumen, pengalaman masa lalu.
- Faktor stimulus : Ukuran, gerakan, warna, kebauran, intensitas, isolasi, kontras, stimulus yang disengaja, posisi, petunjuk, dan pemberi pesan yang menarik.
Tahap III Pemahaman
Memberikan makna kepada setiap stimulus.
- Figure and Ground
Konsumen cenderung memisahkan objek dan latar belakang.
- Grouping
- Proximity (kedekatan) berdasarkan kedekatan.
- Similarity (kesamaan) mengelompokkan objek berdasarkan bentuk, nama, atau lainnya.
- Continuity (kesinambungan) menyatukan objek ke dalam satu kesatuan tanpa terpisah.
- Closure
Konsumen berusaha memahami suatu objek dalam arti yang utuh, walaupun ada bagian dari objek tersebut yang hilang atau tidak lengkap.
Tahap IV Penerimaan
Image/persepsi/citra suatu objek adalah kesimpulan mengenai stimulus/objek tersebut, dapat berupa produk, merek, pelayanan, harga, kualitas produk, toko, dan produsen.
Tahap V Retensi
Proses memindahkan informasi ke memori jangka panjang. Memori mempengaruhi proses perhatian dengan mengarahkan sistem sensori hingga konsumen dapat berkonsentrasi secara selektif kepada stimulus tertentu.
Rehearsal : menahan informasi dalam short term memory dalam waktu lama agar dapat dilakukan encoding.
Encoding
Proses menyeleksi sebuah kata/gambar untuk menyatakan suatu persepsi terhadap objek. Misal : M untuk menyatakan McDonald
A untuk menyatakan A Mild
H untuk menyatakan Honda
Retrieval (Mengingat Kembali)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar