Senin, 25 Februari 2013

pertemuan ke 2 hubungan internal



Hubungan Internal
Amanda Yuli Tahira
1106097680
Komunikasi - Humas


Kebijakan Media Sosial QNET


QNet merupakan sebuah perusahaan kesehatan dan gaya hidup yang didirikan pada tahun 1998. Melalui berbagai produk inovatif dan eksklusif yang memberikan kepuasan dan loyalitas tinggi, QNet telah memposisikan diri sebagai perusahaan penjualan langsung berskala global. Dengan menyediakan peluang bisnis yang telah terbukti guna mempromosikan produk-produk perusahaan, QNet juga mewakili peluang yang menjanjikan dan mendatangkan keuntungan bagi para wiraswastawan untuk bekerja bagi diri mereka sendiri, memperoleh pendapatan tambahan atau pendapatan tetap.


QNet telah menghabiskan lebih dari satu dasawarsa untuk mengembangkan jangkauan global yang kuat, dengan jutaan pelanggan ritel dan distributor independen yang merasakan kepuasan di seluruh dunia. Perusahaan adalah anak perusahaan utama dari konglomerat internasional, QI Group. Group memiliki beragam bidang bisnis, di antaranya penjualan langsung dan e-commerce (perdagangan melalui internet), gaya hidup dan liburan, manajemen investasi dan properti, manajemen pelatihan dan konferensi, telekomunikasi, serta benda-benda mewah dan koleksi.

Perwakilan Independen diizinkan mendiskusikan dan mempromosikan bisnis mereka di platform media sosial seperti blog, Facebook, YouTube, LinkedIn, MySpace, dll. Berikut ini adalah kebijakan dan panduan Perusahaan untuk representasi semacam itu. Ketiadaan, atau kurangnya referensi eksplisit ke situs spesifik, tidak membatasi cakupan penerapan kebijakan ini. Bilamana tidak terdapat kebijakan atau panduan, Perwakilan Independen harus menggunakan penilaian profesional mereka dan mengambil tindakan paling bijaksana yang mungkin dilakukan.

1.      Blog pribadi, situs web dan profil media sosial harus mencantumkan pernyataan sangkalan dengan jelas bahwa pandangan yang dikemukakan oleh penulis adalah pandangan pribadi penulis dan tidak mewakili pandangan Perusahaan.
Contoh : “Opini dan posisi yang saya kemukakan adalah opini dan posisi pribadi saya dan tidak mewakili opini dan posisi QNet Ltd.”

2.      Anda harus merepresentasikan diri Anda dengan akurat dan dengan jelas menyatakan hubungan Anda dengan Perusahaan sebagai Perwakilan Independen. Dilarang mengklaim sebagai karyawan, agen atau lainnya.

3.      Anda tidak boleh menggunakan merek dagang atau merek Perusahaan di setiap nama pengguna atau panggilan dalam platform media sosial mana pun. Ini termasuk namun tidak terbatas pada Twitter, Facebook, dan Linkedin. 

4.      Informasi yang dipublikasikan di blog, situs web dan profil media sosial Anda harus tunduk pada dan mematuhi Kebijakan & Prosedur QNET. Hal ini juga berlaku untuk komentar yang dipasang di blog, forum, dan situs jejaring sosial lain.

5.      Perwakilan Independen tidak boleh menggunakan atau mencoba mendaftarkan atau menjual nama dagang, merek dagang, nama layanan, merek layanan, nama produk mana pun, atau setiap turunannya, untuk nama domain internet atau alamat email mana pun.

6.      Dengan mengidentifikasi diri Anda sebagai Perwakilan Independen, Anda mengidentifikasi diri Anda dengan citra merek dan nilai-nilai Perusahaan. Karenanya, aktivitas online Anda bisa memengaruhi persepsi orang lain terhadap Perusahaan, produk dan layanannya. Karenanya penting untuk menyadari bahwa tindakan Anda yang ditangkap melalui gambar, kiriman (posting), atau komentar bisa mencerminkan tindakan Perusahaan. Panduan berikut harus dipatuhi untuk mengirim setiap konten online:
·         Anda hanya boleh menggunakan teks yang ada di situs web resmi Perusahaan.
·         Anda tidak boleh menambah konten situs web atau profil jejaring sosial Anda dengan teks dari sumber lain selain dari Perusahaan.
·         Ejaan semua konten harus diperiksa.
·         Semua aktivitas, informasi dan taktik yang menyesatkan atau menipu dilarang.
·         Hormatilah undang-undang hak cipta, dan rujuk atau sebutkan sumber dengan benar. 
·         Dilarang menggunakan bahasa yang melecehkan.
·         Dilarang melakukan serangan pribadi.

7.      Perwakilan Independen harus selalu mengungkapkan hubungan mereka atau mengidentifikasi diri mereka sebagai Perwakilan Independen QNET saat membuat komentar apa pun terkait QNET dan/atau produknya.

8.      Perwakilan Independen yang memberikan testimoni online harus bersikap jujur dan tunduk pada hasil yang umum.
Contoh 1 : “Amezcua Bio Disc menyembuhkan masalah mendengkur saya” Meskipun ini mungkin merupakan opini yang jujur, ini bukanlah hasil yang umum, dan karenanya, opini semacam ini yang dikirim secara online akan melanggar panduan saat ini, kecuali ada riset yang valid untuk mendukung klaim tersebut.
Contoh 2 : “Saya mendapatkan USD 25.000 dalam satu bulan bersama QNET, dan Anda juga bisa.” Meskipun pernyataan ini mungkin benar, hasil ini tidak “umum”. Pernyataan seperti ini akan melanggar panduan.

9.      Untuk iklan internet berbayar seperti iklan Facebook, logo atau merek dagang perusahaan tidak boleh digunakan. Semua tautan harus diarahkan ke Situs Web Pribadi dan bukan ke situs resmi Perusahaan.

10.  Jika Anda memiliki keluhan terhadap Perusahaan, hubungi Perusahaan untuk mendapatkan penyelesaian melalui salah satu saluran media sosial resmi Perusahaan yang tersedia di www.qnet.net atau Pusat Dukungan Global (GSC) QNET multibahasa 24 jam sehari. Jangan menggunakan media sosial lain untuk mengemukakan keluhan Anda secara terbuka karena Perusahaan tidak akan memiliki cara untuk menangani keluhan Anda. Kebanyakan orang yang membaca keluhan Anda tidak akan mengetahui kapan keluhan tersebut diselesaikan, sehingga mereka akan pergi dengan perasaan tidak tuntas yang buruk yang mungkin tidak akan pernah dapat diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar