Hubungan Internal
Amanda Yuli Tahira
1106097680
Komunikasi - Humas
Kebijakan Media Sosial QNET
QNet merupakan sebuah perusahaan kesehatan dan gaya hidup yang didirikan pada tahun 1998. Melalui berbagai produk inovatif dan eksklusif yang memberikan kepuasan dan loyalitas tinggi, QNet telah memposisikan diri sebagai perusahaan penjualan langsung berskala global. Dengan menyediakan peluang bisnis yang telah terbukti guna mempromosikan produk-produk perusahaan, QNet juga mewakili peluang yang menjanjikan dan mendatangkan keuntungan bagi para wiraswastawan untuk bekerja bagi diri mereka sendiri, memperoleh pendapatan tambahan atau pendapatan tetap.
QNet telah menghabiskan lebih dari satu dasawarsa untuk mengembangkan jangkauan global yang kuat, dengan jutaan pelanggan ritel dan distributor independen yang merasakan kepuasan di seluruh dunia. Perusahaan adalah anak perusahaan utama dari konglomerat internasional, QI Group. Group memiliki beragam bidang bisnis, di antaranya penjualan langsung dan e-commerce (perdagangan melalui internet), gaya hidup dan liburan, manajemen investasi dan properti, manajemen pelatihan dan konferensi, telekomunikasi, serta benda-benda mewah dan koleksi.
Perwakilan Independen
diizinkan mendiskusikan dan mempromosikan bisnis mereka di platform media
sosial seperti blog, Facebook, YouTube, LinkedIn, MySpace, dll. Berikut ini
adalah kebijakan dan panduan Perusahaan untuk representasi semacam itu.
Ketiadaan, atau kurangnya referensi eksplisit ke situs spesifik, tidak
membatasi cakupan penerapan kebijakan ini. Bilamana tidak terdapat kebijakan
atau panduan, Perwakilan Independen harus menggunakan penilaian profesional
mereka dan mengambil tindakan paling bijaksana yang mungkin dilakukan.
1. Blog pribadi, situs web dan profil media sosial harus
mencantumkan pernyataan sangkalan dengan jelas bahwa pandangan yang dikemukakan
oleh penulis adalah pandangan pribadi penulis dan tidak mewakili pandangan
Perusahaan.
Contoh : “Opini dan posisi yang saya kemukakan adalah opini dan
posisi pribadi saya dan tidak mewakili opini dan posisi QNet Ltd.”
2. Anda harus merepresentasikan diri Anda dengan akurat dan
dengan jelas menyatakan hubungan Anda dengan Perusahaan sebagai Perwakilan
Independen. Dilarang mengklaim sebagai karyawan, agen atau lainnya.
3.
Anda tidak boleh
menggunakan merek dagang atau merek Perusahaan di setiap nama pengguna atau
panggilan dalam platform media sosial mana pun. Ini termasuk namun tidak
terbatas pada Twitter, Facebook, dan Linkedin.
4. Informasi yang dipublikasikan di blog, situs web dan profil
media sosial Anda harus tunduk pada dan mematuhi Kebijakan & Prosedur QNET.
Hal ini juga berlaku untuk komentar yang dipasang di blog, forum, dan situs
jejaring sosial lain.
5. Perwakilan Independen tidak boleh menggunakan atau mencoba
mendaftarkan atau menjual nama dagang, merek dagang, nama layanan, merek
layanan, nama produk mana pun, atau setiap turunannya, untuk nama domain
internet atau alamat email mana pun.
6. Dengan mengidentifikasi diri Anda sebagai Perwakilan
Independen, Anda mengidentifikasi diri Anda dengan citra merek dan nilai-nilai
Perusahaan. Karenanya, aktivitas online Anda bisa memengaruhi persepsi orang
lain terhadap Perusahaan, produk dan layanannya. Karenanya penting untuk
menyadari bahwa tindakan Anda yang ditangkap melalui gambar, kiriman (posting),
atau komentar bisa mencerminkan tindakan Perusahaan. Panduan berikut harus
dipatuhi untuk mengirim setiap konten online:
·
Anda hanya boleh
menggunakan teks yang ada di situs web resmi Perusahaan.
·
Anda tidak boleh
menambah konten situs web atau profil jejaring sosial Anda dengan teks dari
sumber lain selain dari Perusahaan.
·
Ejaan semua konten
harus diperiksa.
·
Semua aktivitas,
informasi dan taktik yang menyesatkan atau menipu dilarang.
·
Hormatilah
undang-undang hak cipta, dan rujuk atau sebutkan sumber dengan benar.
·
Dilarang menggunakan
bahasa yang melecehkan.
·
Dilarang melakukan
serangan pribadi.
7. Perwakilan Independen harus selalu mengungkapkan hubungan
mereka atau mengidentifikasi diri mereka sebagai Perwakilan Independen QNET
saat membuat komentar apa pun terkait QNET dan/atau produknya.
8. Perwakilan Independen yang memberikan testimoni online harus
bersikap jujur dan tunduk pada hasil yang umum.
Contoh 1 :
“Amezcua Bio Disc menyembuhkan masalah mendengkur saya” Meskipun ini mungkin
merupakan opini yang jujur, ini bukanlah hasil yang umum, dan karenanya, opini
semacam ini yang dikirim secara online akan melanggar panduan saat ini, kecuali
ada riset yang valid untuk mendukung klaim tersebut.
Contoh 2 : “Saya
mendapatkan USD 25.000 dalam satu bulan bersama QNET, dan Anda juga bisa.”
Meskipun pernyataan ini mungkin benar, hasil ini tidak “umum”. Pernyataan
seperti ini akan melanggar panduan.
9. Untuk iklan internet berbayar seperti iklan Facebook, logo
atau merek dagang perusahaan tidak boleh digunakan. Semua tautan harus diarahkan
ke Situs Web Pribadi dan bukan ke situs resmi Perusahaan.
10. Jika Anda memiliki keluhan terhadap Perusahaan, hubungi
Perusahaan untuk mendapatkan penyelesaian melalui salah satu saluran media
sosial resmi Perusahaan yang tersedia di www.qnet.net atau Pusat Dukungan
Global (GSC) QNET multibahasa 24 jam sehari. Jangan menggunakan media sosial
lain untuk mengemukakan keluhan Anda secara terbuka karena Perusahaan tidak
akan memiliki cara untuk menangani keluhan Anda. Kebanyakan orang yang membaca
keluhan Anda tidak akan mengetahui kapan keluhan tersebut diselesaikan,
sehingga mereka akan pergi dengan perasaan tidak tuntas yang buruk yang mungkin
tidak akan pernah dapat diperbaiki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar