Senin, 01 April 2013

pertemuan ke 4 hubungan internal


Anggota:


  Amanda Yuli
              Bayhaqi
  Erni Parwati
  Hana Afifah
  Ira Dzakira
  Irsyad Burhani



Humas’11
Hubungan Internal - Analisis Media Internal Perusahaan

Nama Majalah: LINTAS BERITA—Sarana Komunikasi Internal Antara Kita Bersama (Majalah Internal PT Exspan Nusantara), Edisi September 2003

Rubrikasi:
Korporat: dalam rubrik ini disajikan berbagai informasi mengenai perusahaan (program terkini, visi da misi, dan internal corporate event)Fokus: rubrik ini berisi uraian tentang hasil liputan mendalam atas topik tertentu dan merupakan inti pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat media ini kepada pembaca. (Judul artikel—Mewujudkan Snergi dengan Team Building)             
3.       Program CD: kami tidak mengetahui pasti mengenai singkatan dari “CD” itu sendiri, namun menurut kami jika ditelaah dari isi artikelnya, rubrik menyajikan laporan/review dari external corporate event (CSR)
4.       Antar Bagian: berisi laporan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing department (Security Department, Accounting Service Departement)
5.       Antar Daerah: menyajikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh cabang-cabang PT Exspan di berbagai daerah (Sanga-sanga—Kaltim, Lirik—Riau).
6.       Exs-pose Exspan: menurut kami rubrik ini berisi informasi seputar karyawan. “Exs” kami mengartikan sebagai karyawan pension dan “Pose” sebagai karyawan baru. Pada halaman rubrik ini juga diberikan informasi seputar management dari penerbitan majalah internal tersebut, serta kolom untuk saran dan kritik.
7.       Ragam: Rubrik ini bertujuan sebagai hiburan, memberikan berita atau informasi yang bersifat untuk menghibur pembacanya.

Analisis:
Menurut kami majalah internal PT Exspan Nusantara, Lintas Berita, sudah baik. Seperti majalah pada umumnya, sebuah majalah harus mempunyai rubrik yang terbagi-bagi berdasarkan kontennya. Konten yang disajikan oleh majalah internal PT Exspan Nusantara tersebut sudah lengkap, mulai dari kegiatan perusahaan sampai dengan informasi mengenai karyawan. Salah satu contoh konten yang bagus adalah bagian Visi, Misi, dan Tata Nilai, karena dapat mengingatkan kembali kepada karyawan terhadap visi, misi, dan tata nilai perusahaan. Bahasa yang digunakan juga tepat karena ada dua bahasa yang digunakan jadi tidak hanya orang intelektual yang bisa membaca tetapi orang-orang/karyawan yang biasa juga bisa. Selain itu, review internal corporate event juga penting, merupakan pemberitahuan yang karyawan sedikit banyak harus tahu, karena jika ada tamu dari stakeholder perusahaan (seperti yang diinformasikan pada review internal corporate event),  diharapkan karyawan dapat lebih sensitif/peduli lagi terhadap stakeholder tersebut agar mendapat citra positif, sehingga perusahaan mendapat tujuan yang diinginkan. Pemberitaan mengenai awarding/penghargaan juga dapat menjadi penyemangat bagi karyawan, karena akan dipublikasi dan akan diketahui oleh karyawan lainnya (eksistensi).
Bisa dikatakan jika majalah ini sudah menjalankan fungsinya sebagai majalah internal perusahaan karena dapat mencangkup komunikasi secara vertikal dan horizontal. Jika kami lihat dari edisi majalah tersebut, sepertinya majalah ini diterbitkan setiap bulan, dan dengan 16 halaman, menurut kami hal tersebut sudah sesuai. Namun, menurut kami yang kurang dari majalah ini adalah tidak adanya rubrik salam dari Presiden Direktur. Rubrik ini perlu karena akan menciptakan sense of belonging karyawan terhadap perusahaan dengan mendapat perhatian dari Presiden Direktur, terlebih lagi untuk kantor-kantor cabang perusahaan PT Exspan Nusantara di berbagai daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar