Senin, 25 Februari 2013

pertemuan pertama hubungan internal


Hubungan Internal
Amanda Yuli Tahira
1106097680
Komunikasi - Humas


Tanggapan Kasus
“Buntut Amuk Upah Susut”

Permasalahan utama yang memicu terjadinya kesalahpahaman yang berujung pada pertentangan antar kedua belah pihak (Manajer Personalia dan pegawai satpam) dalam kasus tersebut adalah komunikasi internal yang tidak berjalan dengan baik antar pihak.

Manajer Personalia sebagai pihak atasan tidak mampu membangun jaringan dan tata cara komunikasi yang baik dalam menyampaikan informasi secara transparan dan bertanggung jawab kepada pihak bawahan (pegawai satpam), terutama yang terkait dengan kesejahteraan pegawai. Pihak Manajer Personalia sebagai pihak yang merumuskan dan memutuskan kebijakan kepegawaian juga tidak melaksanakan proses diplomasi secara bijaksana dalam menanggapi keluhan pegawai atas hal yang dirasa merugikan mereka. Hal ini yang kemudian memicu kemarahan pegawai satpam dan menimbulkan perdebatan antara pegawai satpam dan Manajer Personalia.

Pegawai satpam sebagai pihak bawahan menunjukkan sikap yang arogan dan emosional dalam menanggapi kebijakan dari pihak atasan (Manajer Personalia) dalam proses diplomasi. Hal ini tentunya berjalan bertentangan dengan hakikat dan kewajiban pegawai satpam dalam sistem perusahaan, dimana mereka seharusnya mengamankan perusahaan. Hal ini mengakibatkan pertentangan antara kedua belah pihak semakin besar, dan pada akhirnya menimbulkan kondisi yang tidak saling menguntungkan dan berbelit-belit yang didasari dengan rasa dendam antara kedua belah pihak.

Permasalahan ini pada akhirnya berdampak pada terhambatnya kinerja perusahaan dan pencitraan yang buruk oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar