Rabu, 11 Mei 2011

perilaku konsumen bab 8 : budaya

Resume Perilaku konsumen
Dosen : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc
Nama : Amanda Yuli Tahira
Nrp : I24090071

Bab 8 : BUDAYA
Budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan sesorang dan masyarakat.
Sikap dan perilaku yang dipengaruhi oleh budaya, menurut Engel, Blackwell dan Miniard:
  1. Kesadaran diri dan ruang
  2. Komuniksi dan bahasa
  3. Pakaian dan penampilan
  4. Makanan dan kebiasaan makan
  5. Waktu dan kesadaran akan waktu
  6. Hubungan keluarga, organisasi dan lembaga pemerintah
  7. Nilai dan norma
  8. Kepercayaan dan sikap
  9. Prosesmental dan elajar
  10. Kebiasaan kerja
Unsur budaya :
Nilai (value) à kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat.
Norma (norm) à aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk atau tindakan yang boleh atau tidak boleh.
Nilai akan mempenaruhi sikap sesorang yang kemudian sikap akan mempengaruhi perilaku seseorang.

Norma
  1. Enacted norm
Disepakati berdasarkan peraturan pemerintah dan ketatanegaraan.
Misal : peraturan, UU
  1. Cresive norm
Norma yang ada dalam budaya dan bisa dipahami dan dihayati jika orang tersebut berinteraksi dengan orang-orang dari budaya yang sama.
-          Kebiasaan (customs)
Berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya. Kebiasaan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi secara menurun.
-          Larangan (mores)
Bentuk kebiasaan yang mengandung aspek moral, biasanya berbentuk tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh sesorang dalam suatu masyarakat
Pelanggaran terhadap larangan akan mengakibatkan sanksi sosial.
Larangan yang berlaku di masyarakat Indonesia bisa bersumber dari budaya atau dari nilai agama.
-          Konvensi (conventions)
Menggambarkan anjuran atau kebiasaan bagaimana sesorang harus bertindak sehari-hari.
Konvensi menggambarkan anjuran atau kebiasaan beragama.
Mitos àmenggambarkan sebuah cerita atau kepercayaan yang mengandung nilai dan idealism bagi suatu masyarakat.
Contoh : mitos mengenai raja-raja dan wali songo
Symbol à segala sesuatu (benda, warna, nama, konsep) yang memiliki arti penting lainnya (makna budaya yang diinginkan)
Contoh : bendera kuning sebagai symbol yang meninggal
Produk dan jasa memainkan peran yang sangat penting dalam mempengaruhi budaya, karena produk dapat membawa pesan dan makna budaya.


Budaya dan strategi pemasaran
Pemahaman tentang budaya suatu masyarakat dan bangsa akan memberikan inspirasi mengenai produk.
Budaya populer : iklan, televisi, music, radio, pakaian, aksesoris, permainan, film, dan computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar